Setya Novanto Minta Dilindungi, Jokowi: Ikuti Proses Hukum yang Ada


Jakarta - Ketua DPR sekaligus Ketum Golkar, Setya Novanto, mengaku meminta perlindungan Presiden Joko Widodo hingga Kapolri. Soal permintaan itu, Jokowi menegaskan agar Novanto mengikuti proses hukum.

"Maksudnya gimana?" kata Jokowi balik bertanya saat ditanya wartawan soal permintaan perlindungan Novanto dalam wawancara setelah membuka Simposium Nasional Kebudayaan di Balai Kartini, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (20/11/2017).

Wartawan kemudian mengulangi pertanyaan yang sama. Jokowi tersenyum sedikit sebelum menjawab.

"Saya kan sudah menyampaikan pada Pak Setya Novanto untuk mengikuti proses hukum yang ada. Sudah," ujar Jokowi.

Meski Novanto ditahan, Jokowi menjamin komunikasi dengan DPR akan baik-baik saja. Jokowi hanya tersenyum saat ditanya apakah berarti akan menolak permintaan Novanto.

"Tadi kan sudah saya sampaikan untuk mengikuti proses hukum yang ada," jawab Jokowi.

Terkait perkara dugaan korupsi e-KTP, sebelum dibawa ke Rutan KPK, Senin (20/11) dini hari, Novanto bicara soal upaya hukum yang dilakukan. Selain praperadilan, Novanto menyebut mengajukan surat permintaan perlindungan kepada Presiden Joko Widodo.

"Saya sudah melakukan langkah-langkah dari mulai melakukan SPDP di kepolisian dan mengajukan surat kepada perlindungan hukum kepada Presiden, maupun kepada Kapolri, Kejaksaan Agung, dan saya sudah pernah praperadilan," ujar Novanto.

KPK menerbitkan surat perintah penyidikan Novanto pada 31 Oktober 2017. Novanto selaku anggota DPR disangka bersama-sama dengan Anang Sugiana Sudihardjo, Andi Agustinus, Irman, dan Sugiharto menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau korporasi terkait proyek pengadaan e-KTP.

KPK menjerat Novanto dengan Pasal 2 ayat 1 subsider Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Novanto dirujuk ke RSCM Kencana setelah sempat dirawat di RS Medika Permata Hijau. Novanto masuk rumah sakit karena mobil yang ditumpangi menabrak tiang lampu di Jl Permata Berlian, Jakarta, pada Kamis (16/11).


Ayo bermain di MAXBET
depo RP.100.000, dapatnya RP.125.000
depo RP.500.000, dapatnya RP.650.000
depo RP.1000.000, dapatnya RP.1.500.000